**HALO APA KABAR SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA**

MEMBELAJARI TENTANG BANYAK ILMU YANG DAPAT BERGUNA BAGI KITA SEMUA

SEJARAH ILMU KOMPUTER

Disiplin Ilmu Komputer sudah muncul sejak era tahun 1940, seiring dengan berpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya sejarah komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Adalah Alan Turing dan Kurt Godel, yang pada tahun 1930-an berhasil memadukan algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat atau rule system. Prinsip algoritma yang digunakan adalah dari Ada Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.

Penemu algoritma sendiri yang tercatat dalam sejarah awal adalah dari seorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi. Al Khwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup di masa tahun 770-840 masehi. Di literatur barat ia lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini. Sedangkan komputer analog diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920, dan disusul dengan komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aiken dan Konrad Zuse tahun 1930.

Kemudian John Von Neumann mendemonstrasikan salah satu karya fenomenalnya pada tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut "von Neumann machine", dimana program disimpan di memori. Arsitektur komputer inilah yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang.

Tahun 1960 adalah babak baru dimulainya formalisasi Ilmu Komputer. Jurusan Ilmu Komputer pada universitas-universitas mulai marak dibangun. Disiplin ilmu baru ini kemudian terkenal dengan sebutan Ilmu Komputer (Computer Science), Teknik Komputer (Computer Engineering), Komputing (Computing), atau Informatika (Informatics).

Definisi
Seiring dengan perkembangan Ilmu Komputer, dewasa ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian terhadap Ilmu Komputer. Bagaimanapun juga, dasar Ilmu Komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika menyumbangkan metode analisa, dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.

CSAB [3] (Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) membuat definisi menarik tentang Ilmu Komputer:

Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:

1. Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem
2. Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep
3. Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya
4. Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta

Beberapa definisi lain yang lebih abstrak adalah:

Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang representasi pengatahuan (knowledge representation) dan implementasinya.

ataupun definisi

Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang abstraksi dan bagaimana mengendalikan kekompleksan.

Denning mendefinisikan Ilmu Komputer dalam makalahnya yang cukup terkenal tentang disiplin ilmu komputer [1]. Makalah ini adalah laporan akhir dari proyek dan task force tentang the Core of Computer Science yang dibentuk oleh dua society ilmiah terbesar bidang komputer, yaitu ACM [4] (http://acm.org) dan IEEE Computer Society [5] (http://computer.org).

Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang mengjelaskan dan mentrasformasikan informasi: baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Pertanyaan mendasar berhubungan dengan Ilmu Komputer adalah, "Apa yang bisa diotomatisasikan secara efisien".

Kita bisa simpulkan dari persamaan pemakaian terminologi dan hakekat makna dalam definisi yang digunakan para peneliti diatas, bahwa:

Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Persepsi Yang Salah Tentang Ilmu Komputer
Beberapa persepsi yang salah kaprah tentang Ilmu Komputer bisa kita rangkumkan seperti dibawah:

a.Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. Ilmu Komputer bukanlah ilmu yang hanya mempelajari tentang komputer, seperti juga ilmu astronomi yang bukan ilmu tentang teleskop, atau ilmu biologi adalah juga bukan ilmu yang hanya mempelajari tentang mikroskop. Komputer, teleskop dan mikroskop adalah alat dari ilmu, dan bukan ilmu itu sendiri.

b.Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menulis program komputer.

c.Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengunaan aplikasi-aplikasi komputer.

Referensi
1. Peter Denning, et al., "Computing as a Discipline," Communications of ACM, 32, 1 (January), 9-23, 1989.
2. Peter Denning, "Computer Science: the Discipline," In Encyclopedia of Computer Science (A. Ralston and D. Hemmendinger, Eds), 1999.
3. Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org
4. Association for Computing Machinary (ACM), http://acm.org
5. IEEE Computer Society (IEEE CS), http://computer.org
READMORE - SEJARAH ILMU KOMPUTER

macam-macam bentuk dan organisasi

Macam – macam Bentuk Organisasi :

A. Organisasi Garis
Bentuk organisasi garis ini pertama kali muncul di kalangan militer, sehingga sering di sebut sebagai bentuk organisasi militer, dan merupakan bentuk organisasi paling tua.Organisasi garis mempunyai ciri khas sebagai berikut:

- Jumlah karyawan relatif sedikit
- Organisasi relatif kecil
- Karyawan saling mengenal akrab
- Belum ada spesialisasi kerja, atau kalau ada masih relatif rendah.
Kebaikannya :
a. Perintah atau komando berjalan lancar, karena pimpinan hanya seorang.
b. Keputusan dapat diambil dengan cepat
c. Solidaritas karyawan sangat tinggi, karena saling mengenal.
Kelemahannya:
a. Kemampuan seseorang pimpinan sangat berpengaruh, sehingga kalau pimpinan tidak cakap atau tidak mampu, akan berakibat fatal bagi organisasi.
b. Timbulnya atau mendorong adanya sifat otoriter dari seorang pimpinan.
c. Membatasi perkembangan individu bawahan.
B. Organisasi Fungsional
Struktur organisasi fungsional yang ada pada mulanya di ciptakan oleh F. W. Taylor, juga mempunyai kebaikan maupun kelemahannya tersendiri.
Kebaikannya adalah :
a. Adanya spesialisasi tugas yang jelas.
b. Adanya tenaga – tenaga ahli dalam masing – masing tugas sesuai dengan fungsi – fungsi organisasi yang ada.
c. Karyawan dengan spesialisasinya dapat didayagunakan semaksimal mungkin.
Kelemahannya adalah :
a. Koordinasi agak sulit diterapkan, karena bawahan mempunyai beberapa atasan.
b. Proses pengambilan keputusan seringkali terlambat, karena ditentukan oleh “top management”.
c. Dituntut adanya karyawan yang benar – benar tampil (seora spesialis), yang kadang – kadang sulit mencarinya.
C. Organisasi Garis dan Staf
Bila suatu organisasi itu masih relatif kecil, artinya belum banyak permasalahan yang dihadapi dan segera harus diatasi, maka bentuk struktur organisasi yang sederhana (organisasi garis) dapat untuk mengatasinya.
Kebaikannya adalah :
a. Dapaty diterapkan baik dalam organisasi yang besar maupun organisasi yang kecil, apapun tujuan organisasi tersebut
b. Ada pembagian tugas antara pimpinan dan bawahan (pelaksana) yang diakibatkan adanya staf
c. Keputusan dapat diambil dengan lebih baik, karena adanya saran dari para ahli (staf)
Kelemahannya adalah:
a. Rasa solidaritas karyawan berkurang, karena tidak saling mengenal antara bagian satu dengan bagian lainnya.
b. Perintah kadang – kadang menjadi agak kabur dan atau kurang jelas.
c. Pelaksanaan pekerjaan akan mengalami hambatan, apabila koordinasi pada syaf kurang baik.
D. Organisasi Gabungan
Bentuk organisasi gabungan ini pada dasarnya merupakan bentuk dari kombinasi struktur organisasinya dapat berupa gabungan dari bentuk organisasi garis dan staf, garis dan fungsional, fungsional dan staf atau kombinasi dari ketiganya.
E. Oganisasi Matriks
Bentuk struktur organisasi matriks pertama kali muncul pada sebuah perusahaan industri ruang angkasa, yang mempunyai banyak departemen mana masing – masing departemen dipegang oleh para spesialis (tim ahli) guna mencapai tujuan perusahaan secara khusus.

Kebaikannya adalah:
• Dapat mendayagunakan kemampuan pimpinan fungsional
• Meningkatkan dan mengembangkan keterampilan setiap karyawan
• Mendorong setiap individu dalam organisasi (baik atasan ataupun bawahan) untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi organisasi
• Mempermudah penyelesaian pekerjaan dengan adanya kerjasama antar bagian / departemen serta dengan adanya spesialisasi yang dimiliki.

Kelemahannya adalah
• Dengan adanya pimpinan ganda, sering menyebabkan kebingungan dipihak bawahan, berikut laporannya
• Koordinasi yang kurang baik dapat menyebabkan kekacauan dalam pelaksanaan tugas (dengan adanya dua rantai / jalur perintah )
• Menurut adanya keterampilan yang cukup tinggi dari setiap individu dalam organisasi
• Membutuhkan biaya yang cukup besar dalam oprasionalnya.

Pengertian efisiensi dan efektifitas
Efficiency (efisiensi) berarti kemampuan untuk meminimalkan penggunaan sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi.
Effectiveness (efektivitas) berarti seberapa besar kemampuannya sebagai pemimpin untuk mencapai tujuan organisasi.

by:STEFANUS NICOLAS.H
READMORE - macam-macam bentuk dan organisasi