**HALO APA KABAR SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA**

MEMBELAJARI TENTANG BANYAK ILMU YANG DAPAT BERGUNA BAGI KITA SEMUA

TUGAS (Proses Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Organisasi)

Pengambilan keputusan merupakan proses yang komleks yang memerlukan penanganan yang serius. Secara umum, proses pengambilan keputusan meliputi tujuh langkah beriktu (Gibson dkk, 1987):
  1. Menerapkan tujuan dan sasaran : Sebelum memulai proses pengambilan keputusan, tujuan dan sasaran keputusan harus ditetapkan terlebih dahulu. apa hasil yang harus dicapai dan apa ukuran pencapaian hasil tersebut.
  2. Identifikasi persoalan : Persoalan-persoalan di seputar pengambilan keputusan harus diidentifikasikan dan diberi batasan agar jelas. Mengidentifikasikan dan memberi batasan persoalan ini harus tepat pada inti persoalannya, sehingga memerlukan upaya penggalian.
  3. Mengmbangkan alternatif : Tahap ini berisi pengnidentifikasian berbagai alternatif yang memungkinkan untuk pengambilan keputusan yang ada. Selama alternatif itu ada hubungannya, walaupun sedikit, harus ditampung dalam tahap ini. Belum ada komentar dan analisis.
  4. Menentukan alternatif : Dalam tahap ini mulai berlangsung analisis tehadap berbagai alternatif yang sudah dikemukakan pada tahapan sebelumnya. Pada tahap ini juga disusun juga kriteriatentang alternatif yang sesuai dengan tujuan dan sasaran pengambilan keputusan. Hasil tahap ini mungkin masih merupakan beberapa alternatif yang dipandang layak untuk dilaksanakan.
  5. Memilih alternatif : Beberapa alternatif yang layak tersebut di atas harus dipilih satu alternatif yang terbaik. pemilihan alternatif harus harus mempertimbangkan ketersediaan sumberdaya, keefektifan alternatif dalam memecahkan persoalan, kemampuan alternatif untuk mencapai tujuan dan sasaran, dan daya saing alternatif pada masa yang akan datang.
  6. Menerapkan keputusan : Keputusan yang baik harus dilaksanakan. Keputusan itu sendiri merupaka abstraksi, sedangkan baik tidaknya baru dapat dilihat dari pelaksanaannya.
  7. Pengendalian dan evaluasi : Pelaksanaan keputusan perlu pengendalian dan evaluasi untuk menjaga agar pelaksanaan keputusan tersebut sesuai dengan yang sudah diputuskan.

Metode Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi

Cara lain untuk memahami tindak komunikasi dalam organisasi adalah dengan melihat bagaimana suatu organisasi menggunakan metode-metode tertentu untuk mengambil keputusan terhadap masalah yang dihadapi. Dalam dataran teoritis, kita mengenal empat metode pengambilan keputusan, yaitu kewenangan tanpa diskusi (authority rule without discussion), pendapat ahli (expert opinion), kewenangan setelah diskusi (authority rule after discussion), dan kesepakatan (consensus).
a. Kewenangan Tanpa Diskusi
Metode pengambilan keputusan ini seringkali digunakan oleh para pemimpin otokratik
atau dalam kepemimpinan militer. Metode ini memiliki beberapa keuntungan, yaitu cepat, dalam arti ketika organisasi tidak mempunyai waktu yang cukup untuk memutuskan apa yang harus dilakukan. Selain itu, metode ini cukup sempurna dapat diterima kalau pengambilan keputusan yang dilaksanakan berkaitan dengan persoalan-persoalan rutin yang tidak mempersyaratkan diskusi untuk mendapatkan persetujuan para anggotanya.
Namun demikian, jika metode pengambilan keputusan ini terlalu sering digunakan, ia akan menimbulkan persoalan-persoalan, seperti munculnya ketidak percayaan para anggota organisasi terhadap keputusan yang ditentukan pimpinannya, karena mereka kurang bahkan tidak dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan akan memiliki kualitas yang lebih bermakna, apabila dibuat secara bersama-sama dengan melibatkan seluruh anggota kelompok,daripada keputusan yang diambil secara individual.
b. Pendapat Ahli
Kadang-kadang seorang anggota organisasi oleh anggota lainnya diberi predikat sebagai ahli (expert), sehingga memungkinkannya memiliki kekuatan dan kekuasaan untuk membuat keputusan. Metode pengambilan keputusan ini akan bekerja dengan baik, apabila seorang anggota organisasi yang dianggap ahli tersebut memang benar-benar tidak diragukan lagi kemampuannya dalam hal tertentu oleh anggota lainnya.
Dalam banyak kasus, persoalan orang yang dianggap ahli tersebut bukanlah masalah yang sederhana, karenasangat sulit menentukan indikator yang dapat mengukur orang yang dianggap ahli (superior). Ada yang berpendapat bahwa orang yang ahli adalah orang yang memiliki kualitas terbaik; untuk membuat keputusan, namun sebaliknya tidak sedikit pula orang yang tidak setuju dengan ukuran tersebut. Karenanya, menentukan apakah seseorang dalam kelompok benar-benar ahli adalah persoalan yang rumit.


c. Kewenangan Setelah Diskusi

Sifat otokratik dalam pengambilan keputusan ini lebih sedikit apabila dibandingkan dengan metode yang pertama. Karena metode authority rule after discussion ini pertimbangkan pendapat atau opini lebih dari satu anggota organisasi dalam proses pengambilan keputusan. Dengan demikian, keputusan yang diambil melalui metode ini akan mengingkatkan kualitas dan tanggung jawab para anggotanya disamping juga munculnya aspek kecepatan (quickness) dalam pengambilan keputusan sebagai hasil dari usaha menghindari proses diskusi yang terlalu meluas. Dengan perkataan lain, pendapat anggota organisasi sangat diperhatikan dalam proses pembuatan keputusan, namun perilaku otokratik dari pimpinan, kelompok masih berpengaruh.
Metode pengambilan keputusan ini juga mempunyai kelemahan, yaitu pada anggota organisasi akan bersaing untukmempengaruhi pengambil atau pembuat keputusan. Artinya bagaimana para anggota organisasi yang mengemukakan pendapatnya dalam proses pengambilan keputusan, berusaha mempengaruhi pimpinan kelompok bahwa pendapatnya yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan.
d. Kesepakatan
Kesepakatan atau konsensusakan terjadi kalau semua anggota dari suatu organisasi mendukung keputusan yang diambil. Metode pengambilan keputusan ini memiliki keuntungan, yakni partisipasi penuh dari seluruh anggota organisasi akan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang diambil, sebaik seperti tanggung jawab para anggota dalam mendukung keputusan tersebut. Selain itu metode konsensus sangat penting khususnya yang berhubungan dengan persoalan-persoalan yang kritis dan kompleks.
Namun demikian, metodepengambilan keputusan yang dilakukan melalui kesepakatn ini, tidak lepas juga dari kekurangan-kekurangan. Yang paling menonjol adalah dibutuhkannya waktu yang relatif lebih banyak dan lebih lama, sehingga metode ini tidak cocok untuk digunakan dalam keadaan mendesak atau darurat.

Keempat metode pengambilan keputusan di atas, menurut Adler dan Rodman, tidak ada yang terbaik dalam arti tidak ada ukuran-ukuran yang menjelaskan bahwa satu metode lebih unggul dibandingkan metode pengambilan keputusan lainnya. Metode yang paling efektif yang dapat digunakan dalam situasi tertentu, bergantung pada faktor-faktor:
  • jumlah waktu yang ada dan dapat dimanfaatkan,
  • tingkat pentingnya keputusan yang akan diambil oleh kelompok, dan
  • kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh pemimpin kelompok dalam mengelola kegiatan pengambilan keputusan tersebut.
by: STEFANUS NICOLAS 
Sumber : Modul Kuliah Komunikasi Organisasi, IPB.
READMORE - TUGAS (Proses Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Organisasi)

Apa itu ANDROID



apa sih android ???
baru-baru ini kita sering mendengar kata android jika membincangkan masalah ponsel.. sebenarnya android itu apa? let’s check it out!!
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android juga menyediakan platform terbuka bagi para pengembang guna menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android merupakan sebuah sistem operasi  untuk telepon seluler seperti halnya Symbian pada Nokia, Palm dan Windows Mobile yang sebelumnya sudah terlebih dahulu kita kenal selama ini.
Google sendiri ternyata mempunyai alasan cukup kuat untuk melirik pangsa ini, karena perkembangan teknologi telepon seluler sewasa ini sudah bukan merupakan evolusi lagi, melainkan sebuah revolusi. Babak baru dalam dunia telekomunikasi nirkabel ini terus bergulir dengan cepat.
Jika sekarang seseorang mempunyai PC di rumah, dan notebook untuk ke kantor atau kuliah, serta berkomunikasi melalui telepon seluler. Maka pergerakkan yang kemudian terjadi sekarang adalah, orang mulai berpikir bagaimana menyatukan semuanya dalam satu genggaman.
Sebenarnya hal tersebut telah mulai dipenuhi dengan munculnya PDA/smartphone, di mana seseorang dapat merangkum semua kebutuhan komputasinya dalam satu genggaman. Dan perkembangan inilah yang membuat Google berambisi untuk menguasai pangsa ini.
Keuntungan Dari SO Android :
  • peluncuran Android menjelaskan dimasa mendatang ponsel akan mempunyai kemampuan layaknya PC, bahkan lebih.
  • merupakan sistem operasi open source (terbuka) sehingga tiap orang berhak mengembangkannya.(Karena Android adalah sebuah open source platform maka banyak banget aplikasi dan game yang gratis)
  • kinerja aplikasi di platform Android adalah di atas rata rata, semua aplikasi termasuk game 3D berjalan sangat lancar dan TIDAK ngehang.
  • Linux (kernel 2.6) yang menjadi Operating System di Android ini sangat stabil (bagi Linux sudah biasa lah)
  • browsing internet pakai Android sangat enak karena kompatible dengan lebih dari 90% website di dunia
  • Android juga dapat membawa pengguna telepon genggam menjelajahi kawasan yang diinginkan melalui teknologi Sistem Pemetaan Global (GPS)
  • dengan terintegrasinya VoIP(Voice over Internet protocol) pada GPhone menelpon tidak perlu lagi menggunakan pulsa tapi cukup menggunakan Google Talk yang telah disediakan pada akun Gmail.
  • menggunakan touch screen capative (hanya bisa dipakai dengan jari tangan ASLI alias tidak bisa pakai Stylus) dan memiliki Accelerometer chip untuk membolak balik layar dari potrait ke landscape untuk berbagai kebutuhan yang berbeda beda.
  • kelebihan Android dari yang lainnya adalah harganya yang relatif lebih murah.
Kekurangan Dari SO Android :
  • belum ada market yg bisa kita gunakan dari PC layaknya AppStore punya Apple
  • platform berbasis di Java, sehingga manfaat dan sistem operasi Linux di Android tidak digunakan sepenuhnya
  • konsumen akan sulit membedakan produk dari berbagai vendor. Sejauh ini, perangkat Android yang telah diumumkan terlihat sangat mirip.
READMORE - Apa itu ANDROID

SALAM PENUTUP DI BLOG ( AKAN MUNCUL KOTAK KETIKA BLOG KELUAR)

kali ini saya akan memberi trik cara salam penutup pada blog saat akan di tutup muncul kotak pesan berikut caranya..
1.ke menu rancangan
2.edit HTML
3.cari kode
4.kemudian pastekan code di bawah ini tepat di bawah kode  </head>

<script type='text/javascript'>
// goodbye alert
function goodbye(){
alert('Terima KAsih Atas Kunjungan Anda, Ditunggu Kunjungan Selanjutnya');
}
parent.window.onunload=goodbye;

</script>

Simpan template selesai..
READMORE - SALAM PENUTUP DI BLOG ( AKAN MUNCUL KOTAK KETIKA BLOG KELUAR)

saudi arabia blokir FACEBOOK

Saudi Arabia Blokir Facebook – Sehari setelah seorang tukang cukur di Palestina ditahan karena menulis sentimen ateis di beberapa akun Facebook, Saudi Arabia melakukan blokir terhadap jejaring sosial tersebut karena Facebook dianggap tidak sesuai dengan moral dari negara tersebut. Orang Palestina yang bertempat tinggal di Tepi Barat tersebut menulis antara lain sebagai Allah di sebuah halaman Facebook.


Foto Blokir Facebook

Blokir ini dilakukan oleh Komisi Teknologi Informasi Saudi dan akan menampilkan error ketika seorang pengguna mencoba mengakses halaman tersebut. Tindakan ini diambil karena Facebook dianggap telah melewati batas. Blokir ini sepertinya dilakukan bertahap karena beberapa orang mengatakan bahwa halaman tersebut masih bisa diakses.

Pihak berwenang Saudi juga mengatakan bahwa blokir ini hanya sementara. Ini diperkirakan terkait kemungkinan Facebook akan menghapus halaman bermasalah tersebut, seperti ketika terjadi kasus yang hampir sama sebelumnya. Selain Saudi Arabia, negara lain yang diketahui melarang Facebook adalah Pakistan, China, Iran, Vietnam, Uzbekistan dan Syria.
sumber :teknoup.com
READMORE - saudi arabia blokir FACEBOOK

pada kali ini saya akan membahas mengenai hubungan antara konflik, keputusan, dan solusi pada suatu organisasi.Maka kita definisikan dulu ketiganya. Konflik adalah suatu bentuk hubungan interaksi seseorang dengan orang lain atau suatu kelompok dengan kelompok lain, dimana masing-masing pihak secara sadar, berkemauan, berpeluang dan berkemampuan saling melakukan tindakan untuk mempertentangkan suatu isu yang diangkat dan dipermasalahkan antara yang satu dengan yang lain berdasarkan alasan tertentu. Konflik dibagi menjadi dua yaitu :
1. Konflik vertical adalah suatu hubungan interaksi antara satu kelas social yang berbeda tingkatan akibat adanya pertentangan kepentingan yang difasilitasi atau kelompok sosil yang berbeda di satu pihak dengan satu kelompok di pihak lainnya;
2. Konflik horizontal adalah suatu hubungan interaksi vertikal (antar kelas sosial) yang memanfaatkan secara sengaja menciptakan konflik horizontal, dan atau sebaliknya suatu konflik horizontal yang memanfaatkan/secara sengaja menciptakan konflik, sebagai kamuplase atau cara untuk mendukung terwujudnya tujuan atau kondisi yang dikehendaki. keputusan adalah kesimpulan yang dicapai melalui berbagai macam pertimbangan, dimana akan dipilih satu kemungkin alternatif dari berbagai macam alternatif Keputusan didasarkan pada fakta dan nilai. kemudian solusi adalah cara dimana kita bisa menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang terbaik atau malah sebaliknya. jelas menurut saya konflik dan keputusan sangat berhubungan. Dimana kita ketahui konflik terjadi pasti ada faktor faktor tertentu, mungkin perbedaan pendapat atau yang lainnya. setiap keputusan pasti ada risikonya, disinilah letak hubungan itu. keputusan yang diambil mungkin tidak bisa diterima oleh pihak lain dan timbulah konflik itu sendiri. jika konflik itu didiamkan tanpa ada solusi maka saya yakin konflik akan semakin membesar dan menyebar. Pada tahap ini diperlukan solusi yang bisa diterima oleh semua pihak yang bersangkutaun. cara penyelesaian mungkin bermacam macam disini saya mengambil contoh lewat perundingan. dalam perundingan ini semua bebas berpendapat tapi juga harus sesuai norma yang berlaku. dilakukan dengan kepala dingin maka dalam perundingan tentu ada moderatornya yang bersifat netral. bila semua pihak ingin solusi yang terbaik bagi kepentingan perusahaan atau organisasi(kepentingan bersama). maka solusi yang terbaik bagi semua itu akan tercipta.


sebagai contoh dalam kehidupan saya pernah mengalami sebuah konflik dalam diri saya di mana sewaktu itu saya setahun yang lalu saya masih kuliah di kelas pagi ,karena orang  tua terkena sebuah masalah yang menyebabkan kekurangan finansial ,sehinga sehingga saya memutuskan untuk mencari solusinya dengan masuk kelas malam di kelas 2 ini dan bekerja untuk membantu orang tua .


TUGAS :STEFANUS NICOLAS.H
2KA 28
10109409
READMORE - Tugas (kaitan organisasi dengan konflik serta solusinya)

TEORI ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL

Pada Istilah organisasi berasal dari kata organon/bahasa yunani. Yang berarti alat, tools. Desain organisasi (organizational design) merupakan proses memilih dan mengimplementasikan struktur yang terbaik untuk mengelola sumber-sumber untuk mencapai tujuan. Sasaran desain organisasi adalah menggunakan struktur yang memberikan fasilitas pengimplementasian strategi. Desain organisasi dapat juga dinyatakan sebagi proses pembuatan keputusan yang dilakukan oleh manajer untuk memilih struktur organisasi yang sesuai dengan strategi untuk organisasi dan lingkungan tempat anggota organisasi melaksanakan strategi tersebut. Desain organisasi menuntut manajer untuk melihat secara bersamaan ke dalam organisasi dan ke luar organisasi. Ada empat bagian untuk membangun desain organisasi, yaitu pembagian kerja, departementalisasi, hirarki dan koordinasi. Dalam pengembangan desain organisasi ada dua hal yang penting; pertama perubahan stratgei dan lingkungan berlangsung dengan berlalunya waktu, desain organisasi merupakan proses yang berkelanjutan. Kedua, perubahan dalam struktur termasuk mencoba dan kemungkinan berbuat salah dalam rangka mensyusun desain organisasi. Manajer hendaknya memandang desain organisasi sebagai pemecahan masalah dan mengikuti tujuan organisasi dengan gaya situasional atau kontingensi,yaitu struktur yang ada didesain untuk menyesuaikan keadaan organisasi atau sub unitnya yang unik.

Organisasi didefinisikan oleh beberapa ahli sebagai berikut :

    Menurut Prof. Dr. Sondang Siagian, Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk suatu tujuan bersama dan terikat secara formal.
    Menurut Chester I. Barnard, Organisasi adalah suatu system aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.Menurut Stoner, Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
    Menurut James D. Mooney, Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia)
Jadi, paling tidak definisi organisasi terdiri dari :

1. orang orang/sekumpulan orang
2. kerjasama
3. tujuan bersama

Desain organisasi menekankan pada sisi manajemen dari teori organisasi dengan mempertimbangkan konstruksi dan mengubah struktur organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian / Definisi Organisasi Informal dan Organisasi Formal

1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
Contoh :ASEAN, Perseroan terbatas,organisasi  Sekolah yang di kelola secara resmi terstruktur, Negara ,OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), dan lain-lain.   contoh gambar ASEAN


2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, kelompo belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung atau ke puncak dengan teman,  kelompok pecinta puisi disekolah, fans club suatu grup musik.
dan kursus mengajar anak sd dan lain2. conoth kelompok belajar




Salah satu bagian penting organisasi adalah pengelompokkan informal dan hubungan-hubungan pribadi yang dapat lebih berpengaruh dibanding dengan hubungan formal seperti yang ditunjukkan bagan organisasi.
Argiyris mengemukakan empat bidang utama dimana bidang organisasi formal dan informal berbeda :

1. Hubungan-hubungan antar pribadi. Hubungan-hubungan antar pribadi didalam organisasi formal digambarkan jelas, sedangkan dalam organisasi informal tergantung pada kebutuhan-kebutuhan mereka.

2. Kepemimpinan. Para pemimpin dirancang dan ditentukan dalam formal serta muncul dan dipilih dalam informal.

3. Pengendalian perilaku. Organisasi formal mengendalikan perilaku karyawan melalui penghargaan dan hukuman, sedangkan kelompok informal mengendalikan para anggota dengan pemenuhan kebutuhan.

4. Ketergantungan. Karena kapasitas pemimpin formal terletak pada penghargaan dan hukuman, bawahan-bawahan lebih tergantung dari pada para anggota suatu kelompok informal.
Walaupun ada perbedaan tersebut adalah suatu kesalahan bila menganggap kelompok formal dan informal sebagai dua kesatuan organisasi yang terpisah. Keduanya hidup bersama dan tidak dapat dipisahkan setiap organisasi formal selalu mempunyai organisasi informal dan setiap organisasi informal brkembang dalam berbagai tinkatan formal.


TUGAS
STEFANUS NICOLAS
2 KA 28
NPM : 10109409
READMORE - TEORI ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL

Tentang GMail vs Yahoomail

GMail vs Yahoomail

for everyone
Untuk urusan email beremail, saya Menggunakan email dari layanan yahoo dan gmail. Keduanya berbeda. Hal ini membuatku jadi membanding2kan.. masing2 punya kelebihan & kelemahan sendiri.. Namun untuk keseluruhan aku lebih terkesan dengan gmail..

Berikut ini adalah sedikit perbandingan tentang kelebihan gmail yang kerasa di aku berdasarkan pemakaian sehari2.. sebagian mungkin subyektif :-)

1.Grouping messages
Surat2 dalam gmail dikelompokkan dalam suatu conversations.. bagus banget.. manajemen email jadi lebih gampang karena surat & bales2an nya yg terkait dikelompokkan dalam sebuah thread kayak di bulletin board ato forum diskusi..

2.Tagging/labelling
ga perlu bingung2 mengelompokkan surat ke folder yang cocok, karena pake sistem tag/label, suatu surat bisa diberi beberapa label sekaligus..

3.Menyedot email ke email client..
dengan adanya akses POP/IMAP.. kita bisa nyedot email lewat email client favorit.. dan email yg udah disedot bisa tetep berada di inbox gmail..
Yahoomail.com tidak menyediakan fasilitas pop3 dengan gratis, sedangkan yahoomail yg domain lokal, misalnya @yahoo.co.id menyediakan pop3 gratis.. namun sejauh yg saya coba, mesej yang disedot udah gaada lagi di inbox..jadi kita ga bisa punya arsip yang online.. hiks..
Sedangkan GMail Ga cuman ngasi akses pop, bahkan ada pilihan IMAP juga..canggih!

4.User interface
Lebih suka gmail.. sederhana dan nyaman. fasilitas pengelompokkan suratnya itu bikin inbox rapi..
Untuk Yahoomail, aku lebih memilih tampilan classic.. Karena kuota bandwidth ngenet yg terbatas :-).. Walaupun tampilan yang baru itu keren antara lain bisa chatting YM langsung.. eits.. tapi chatting itu juga udah fasilitas standar gmail

5.kapasitas
sekarang udah lebih 6,4 GB.. Dan terus bertambah..
YahooMail memang menawarkan kapasitas tak terbatas.. Tapi untuk ukuran email normal.. 6GB udah jauh dari melimpah dan serasa tak terbatas.. kepikir ga gimana cara memnuhin dan mengelola inbox sebesar 6 GB..
Lagian adanya pembatasan kapasitas kayak gini terasa lebih meyakinkan.. karena kapasitas maksimal disesuaikan dengan batas kemampuan si penyedia layanan..
Batas filesize untuk file attachment gmail juga 20MB..lebih gede dari yahoo yg 10 MB :-)

6.Anti SPAM
Entah apa jadinya kalo gaada fasilitas ini.. perhatikan aja folder spam/bulk mail anda..
Semakin banyak alamat email tersebar..semakin jadi target serangan spam..
Disini gmail ku terlihat lebih sepi spam yang lolos ke inbox dibandingkan yahoo.. tapi bisa jadi ini gara2 alamat email yahoo ku lebih banyak terpakai & tersebar ke mana2.. jadi gabisa komen ttg mana yg lebih baik..

7.Nama favorit udah aku tem di gmail
huehe..Kalo yg ini subyektif sekali.. tapi di yahoo aku ga berhasil bikin nama yg aku inginkan.. huhu

8.Mobile
Keduanya bisa dibuka di hape ku dengan baik.. jadi sama aja :-)

Sekedar informasi, anda juga bisa membuat account gmail menngunakan domain anda sendiri dengan memanfaatkan google apps.. (ga cuman email, ada hosting gratis, calendar & office apps)
Intinya, semua fasilitas gmail kayak anti spam yg canggih, pop, imap, dll bisa didapet menggunakan nama domain kita sendiri.. keren banget mengingat semuanya bisa diperoleh gratis!

Walaupun lebih terkesan dengan gmail, keberadaan yahoomail masih enggak tergantikan.. terutama yahoo messengernya..
mengingat Untuk urusan chatting.. rata2 pada pake YM.. Sedangkan kontak gtalk ku dikit bgt..

Demikian sedikit perbandingan dari sudut pandang salah satu pengguna awam :-) Kedua layanan ini memang bagus, dan ke depannya pastinya lebih bagus lagi..
Bandingkan dengan jaman pra-gmail, kapasitas email gratisan pada dikit banget..
Lalu GMail dengan kapasitas 1 GB nya menggebrak, kemudian dengan inovasi2 lainnya membuat dunia layanan email gratisan jadi makin nyaman..

by :stefanus nicolas.H
READMORE - Tentang GMail vs Yahoomail

TUGAS ORGANISASI

ORGANISASI

1. PENGERTIAN

Organisasi (Yunani:organon – alat)merupakan suatu kelompok orang dalam suatu wadah baik formal atau informal untuk tujuan bersama.

Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda.

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Pada dasarnya partisipasi didefinisikan sebagai keterlibatan mental atau pikiran dan emosi atau perasaan seseorang di dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan.

Didalam kehidupan bermasyarakat dewas ini tidak lepas dari organisasi, karena menyangkut sebagian besar hidup masyarakat dalam segala bidang.

2. UNSUR-UNSUR

Menuruth Keith Davis ada tiga unsur penting partisipasi[1]:

a) Unsur pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah.

b) Unsur kedua adalah kesediaan memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok. Ini berarti, bahwa terdapat rasa senang, kesukarelaan untuk membantu kelompok.

c) Unsur ketiga adalah unsur tanggung jawab. Unsur tersebut merupakan segi yang menonjol dari rasa menjadi anggota. Hal ini diakui sebagai anggota artinya ada rasa “sense of belongingness”.

3. SYARAT-SYARAT

a. Harus ada kumpulan manusia dan banyak.

b. Membutuhkan biaya .

c. Mempunyai tujuan yang sama.

d. Membutukan waktu.

e. Harus ada komunikasi yang baik.


4. BENTUK-BENTUK ORGANISASI

Ø Organisasi politik

Ø Organisasi sosial

Ø Organisasi mahasiswa

Ø Organisasi olahraga

Ø Organisasi sekolah

Ø Organisasi Negara

Ø Organisasi masyarakat

Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.

Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, dan tidak melanggar hokum yang berlaku dan merugikan pihak lain baik secara fisik maupun non fisik.

Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.


5. PATUT DIGARIS BAWAHI

Dewasa ini organisasi cenderung tidak lagi mempunyai fungsi sebagaimana mestinya, banyak sudah organisasi yang menyimpang dari tujuan utamanya, bayak organisasi yang hanya dijadikan kedok untuk menyelamatkan diri masing-masing hingga penumpangan unsur kepentingan pribadi didalamnya yang tentunya saja dapat berpengaruh buruk bagi kehidupan bermasyarakat hingga menimbulkan kerugian pihak lain.

6. SARAN

Marilah kita secara arif dan bijaksana dalam berorganisasi dan bertindak tidak menyimpang dari hukum yang berlaku sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera bukan sebaliknya.

Referensi

^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x Keith Davis, Human Relations at Work, (New York, San Francisco, Toronto, London: 1962).Hlm.15-19

^ Singarimbun, Masri dan Sofyan Efendi. 1976. Understanding Practice and Analysis. New York: Random House.Hlm. 132

^ D, Ratna Wilis. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.Hlm. 56

^ Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. 1984. Sociology. Edisi keenam. International Student Edition. Tokyo: Mc.Graw-Hill Book Company Inc.Hlm. 89

BY:STEFANUS NICOLAS.H
READMORE - TUGAS ORGANISASI

TUGAS METODE

METODE

1. PENGERTIAN

Di mana arti Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.

Pengetahuan tentang metode-metode sangat di perlukan oleh para pelaku kegiatan, sebab berhasil atau tidaknya kegiatannya sangat bergantung pada tepat atau tidaknya metode yang digunakan.

Dapat dikatakan pengertian dari metode adalah : Tata cara yang disusun secara berurutan yang menjelaskan Bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu.

2. FUNGSI METODE

Sesuai dengan pengertiannya banyak METODE berfungsi sebagai cara penyelesaian masalah pada bidang keilmuwan, jikalau mengunakan metode maka akan mempermudah kita dalam menyelesaikan berbagai permasalan. Sebut saja Metode ilmiah, yaitu langkah-langkah yang ditempuh untuk memperoleh hasil ilmiah, Metode (ilmu komputer), suatu bagian kode yang digunakan untuk melakukan suatu tugas, Metode (musik), semacam buku teks untuk membantu murid belajar memainkan alat music dll.

3. CARA PEMBUATAN METODE.

Dalam pembuatan metode biasanya disusun berdasarkan tahapan tindkan yang dilakukan, mulai dari tahapan yang paling awal hingga yang terakhir.

Contoh berikut adalah metode ilmiah, disusun sbg, berikut :

a. Observasi
Observasi adalah pengamatan terhadap lingkungan sekitar untuk menentukan objek yang
paling tepat untuk penelitian.
b. Menentukan dan Merumuskan Masalah
Perumusan masalah dilakukan setelah melakukan observasi. Perumusan masalah
digunakan untuk membatasi objek penelitian yang akan dilaksanakan. Rumusan masalah
diwakili oleh pertanyaan-pertanyaan tentang objek penelitian.
c. Merumuskan Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara atas masalah-masalah yang sudah dirumuskan.
d. Merancang Eksperimen
Eksperimen adalah percobaan yang dilakukan untuk menguji hipotesis yang ada. Sebelum
eksperimen dilakukan, terlebih dahulu harus ada perencanaan/rancangan penelitian.
Dalam perencanaan penelitian meliputi metode eksperimen yang akan digunakan, alat,
bahan, teknik analisis data yang akan digunakan dalam eksperimen hingga mendapatkan
hasil yang akurat.
e. Pelaksanaan Eksperimen
Pelaksanaan eksperimen dapat berjalan baik, bila perancangan eksperimen sudah matang.
Pelaksanaan eksperimen adalah proses penelitian yang akan menghasilkan data-data
eksperimen yang akan dianalisis untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang sudah
dirumuskan.
f. Pelaporan Penelitian
Di akhir penelitian akan dirumuskan suatu kesimpulan yang menjadi konsep/teori. Secara
keseluruhan pelaporan penelitian berisi tentang rumusan masalah hingga hasil akhir
(kesimpulan) dari proses penelitian. Pengkomunikasian hasil penelitian dapat dilakukan
secara tertulis dan lisan, dalam bentuk penyampaian data-data hasil penelitian, analisis
hasil penelitian dan kesimpulan yang dirumuskan untuk menjawab rumusan masalah yang ada.

BY :STEFANUS NICOLAS .H
READMORE - TUGAS METODE